Minggu, 18 September 2011

MENGAMANKAN FILE

Warnet digunakan oleh umum, sehingga banyak kemungkinan hardware maupun software tidak aman. Dalam tulisan ini di khususkan pengamanan software/ file dari ulah pengguna.
Namun jangan digunakan untuk aplikasi game, karena tidak bisa dijalankan dengan baik, untuk memainkannya harus dibuka dulu hiden atau lock nya.
Berikut ini yang dilakukan penulis untuk mengamankan software


1. MENGAMANKAN DARI SERANGAN VIRUS

a. Menggunakan Antivirus

Anti virus harus sering di update, ada beberapa anti virus yang sangat peka (AVG, Avast dll) sehingga ada game (PB, CF dll) yang dianggap virus, untuk menjalankan game tersebut harus dilakukan pengaturan pengecualian. Karena update ada yang automatis, pada saat main game akan terganggu download update tersebut. Jika PC diberi pengaman auto recovery, maka bisa setiap habis restart akan melakukan update, yang berarti berkali-kali Gamer terganggu. Penulis mengguanakan anti virus avast hanya untuk saat permulaaan install PC saja, tidak lagi menggunakan Anti virus AVG karena sulit dihilangkan/uninstall. Selanjutnya cukup dengan menggunakan smadav. mengapa smadav? karena Smadav melakukan upgrade tidak harian hanya jika perubahan versi yang waktunya bisa bulanan/ tahunan, sehingga mengganggunya tidak harian.

b. Menggunakan Compresion software

Dengan Anti virus masih besar kemungkinan terserang, karena update anti virus terlambat, sehingga diperlukan tambahan cara dengan meng compres file menjadi zip atau RAR dan sejenisnya sehingga extensionnya semula .dll / .exe menjadi Zip/RAR.

c. Menggunakan Auto recovery

Dengan cara anti virus dan compression masih belum aman dari perubahan file, diperlukan pengamanan lanjutan yaitu software auto recovery (deepfreeze, RecoverMyFiles dll). Perubahan data baik karena virus, terhapus, akan kembali seperti semula setelah computer direstart. Hanya setiap kali akan meng update data atau instal software harus membuka dulu autorecovery nya.

2. MENGAMANKAN DARI PENGGUNA

a. Menggunakan compresi dengan password

Mengamankan file dari pengguna yang tidak diinginkan dengan menggunakan compression software dengan password. Diantaranya WINRAR mempunyai fasilitas untuk compress file dengan password.

b. Menggunakan menyembunyikan folder

Dengan cara anti virus dan compression masih belum aman dari perubahan file seperti di copy/ move, sehingga diperlukan software untuk menyembunyikan folder.
File atau folder bisa disembunyikan dengan fasilitas windows Tool folder option view hidden file and folder, tapi cara ini sudah umum mengatahui dan tidak dapat diamankan dengan password.

Software untuk menyembunyikan file seperti : FileFolderhidersetup, FileHideSetup, FolderGuard-v84-setup, FolderSecurity13. Dengan software ini , file atau folder disembunyikan dan tidak bisa dibaca dengan menggunakan fasilitas folder option view show hidden file and folder. Soft ware tersebut menggunakan password untuk membukanya folder/ file dari persembunyian, namun tidak diperlukan untuk menjalankan aplikasi software yang disembunyikan.

b. Mengunci file

File tidak dapat dijalankan dengan menggunakan folder lock software diantaranya EFL1.3_Setup, Filelock, My filelock

3. Menyembunyikan folder tanpa program.
Menggunakan superhidden bawaan Windows, dalam hal ini yang dipaki WIN XP Home edition.
Klik kanan folder yang akan di hidden
Klik Propertis
Attribu centang Hidden
Confirm Attribute Changes , centang Apply change to this folder, subfolder and files
Klik OK, OK
Folder tidak bisa terlihat meskipun dengan view folder unhide

Untuk membukanya menggunakan cmd
Klik start - run - cmd - muncul promt - pindah ke drive yang dituju
C:\Documens and Settings\arlimo6>cd\
akan ke drive c:\
>d: akan ke drive d:\
missal folder Lostsaga di c:\Game on line\Ayodance\HSHIELD\LostSaga
C:\Documens and Settings\arlimo6>cd c:\Game on line\Ayodance\HSHIELD\LostSaga
C:\Game on line\Ayodance\HSHIELD\LostSaga>attrib -s -d /s /d
tunggu sampai puncul promt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERJALANAN BERJUANG HIDUP Habis ujian SMA, 1970 belum ada pengumuman lulus gaknya, aku sudah cari kerjaan, dapatlah kerja d bengkel las D...